Sabtu, 02 November 2013

STRATEGI PROSES


PENGERTIAN STRATEGI PROSES
Strategi proses (process strategy) atau strategis transformasi adalah sebuah pendekatan organisasi untuk mengubah sumber daya menjadi barang dan jasa.

TUJUAN STRATEGI PROSES
Tujuan strategi proses adalah menemukan suatu cara memproduksi barang dan jasa yang memenuhi persyaratan dari pelanggan dan spesifikasi produk yang ada dalam batasan biaya dan batasan manajerial lainnya. Proses yang dipilih akan berdampak jangka panjang terhadap efisiensi dan produksi, serta fleksibilitas, biaya, dan kualitas barang yang diproduksi.
EMPAT STRATEGI PROSES

Fokus pada proses (process focus)
adalah sebuah fasilitas produksi yang diorganisasikan di sekitar proses-proses untuk memfasilitasi produksi bervolume rendah, tetapi keragamannya tinggi pada tempat yang disebut “job shop”. Dalam sebuah pabrik, proses yang ada mungkin berupa departemen yang menangani pengelasan, penghalusan, dan pengecatan. Dalam sebuah kantor, proses yang ada dapat berupa bagian utang, penjualan, dan pembayaran. Dalam sebuah restoran, proses-proses tersebut mungkin berupa bar, panggangan dan toko roti. Fasilitas yang ada terfokus pada proses dalam hal peralatan, tata letak, dan pengawasannya. Mereka menyediakan tingkat fleksibilitas produk yang tinggi seiring produk-produk berpindah sesaat diantara proses-proses yang ada. Setiap proses dirancang untuk melaksanakan beragam aktivitas dan menghadapi perubahan yang kerap muncul. Oleh karena itu, proses ini disebut juga proses sesaat.
Fokus berulang (repetitive focus)
adalah proses produksi yang menggunakan modul yang berorientasi pada produk. Modul adalah bagian atau komponen yang telah dipersiapkan sebelumnya yang sering berada dalam proses yang kontinu. Lini proses berulang sama dengan lini perakitan klasik. Lini yang digunakan secara luas di hampir seluruh perakitan mobil dan peralatan rumah tangga, lebih terstruktur dan karenanya menjadi lebih tidak fleksibel dibandingkan suatu fasilitas yang terfokus pada proses.
Fokus pada produk (product-focused)
adalah fasilitas yang diorganisasikan di sekeliling produk, sebuah proses berorientasi produk bervolume tinggi, tetapi berkeragaman rendah. Proses ini juga disebut proses kontinu sebab mempunya lintasan produksi yang sangat panjang dan kontinu.
Produk seperti kaca, kertas, lembaran timah, bola lampu, bir dan baut dibuat melalui proses yang kontinu. Sebuah fasilitas yang berfokus pada produk menghasilkan produk dengan volume tinggi dan keragaman rendah. Fasilitas dengan sifat khusus ini biasanya membutuhkan biaya tetap yang tinggi. Namun, fasilitas dengan biaya variabel yang rendah dapat dihasilkan utilisasi fasilitas yang tinggi.
Fokus kustomisasi massal
Manajer operasi  telah memproduksi jasa dan barang-barang pilihan ini melalui apa yang disebut dengan kustomisasi massal. Kustomisasi massal merupakan pembuatan produk dan jasa yang dapat memenuhi keinginan pelanggan yang semakin unik secara cepat dan murah. Namun, kustomisasi massal bukan hanya mengenai keragaman produk, tetapi juga bagaimana secara ekonomis mengetahui apa yang diinginkan pelanggan dan kapan pelanggan menginginkannya dengan tepat. Kustomisasi massal memberikan kita keragaman produk yang biasanya dapat disediakan oleh manufaktur bervolume rendah (fokus pada proses) dengan biaya seperti manufaktur bervolume tinggi dan terstandardisasi (fokus pada produk). Membangun proses yang gesit yang memproduksi produk terkustomisasi secara cepat dan murah membutuhkan pemanfaatan sumber daya organisasi secara imajinatif dan agresif. Kaitan antara logistik, produksi, dan penjualannya harus erat.

PERBANDINGAN PILIHAN PROSES PRODUKSI

Fokus pada Proses (volume rendah, keragaman tinggi) (contohnya Standard Register)
Berulang(moduler)(contohnya Harley-Davidson)
Fokus pada Produk(volume tinggi, keragaman rendah)(contohnya Nucor Steel)      
Kustomisasi Massal(volume tinggi, keragaman tinggi) (contohnya Dell Computer)
1.       Menghasilkan produk dalam jumlah  kecil dan keragaman tinggi.



2.       Peralatan yang ada memiliki fungsi umum.

3.       Operator memiliki keterampilan umum dan luas.



4.       Terdapat banyak paduan kerja karena setiap pekerjaan berubah.


5.       Persediaan bahan baku relatif tinggi dibandingkan nilai produk.

6.       Barang setengah jadi tinggi dibandingkan output.





7.       Unit bergerak perlahan  dalam pabrik.



8.       Barang jadi biasanya diproduksi sesuai pesanan dan tidak disimpan

9.       Urutan penjadwalan rumit dan memperhatkan keseimbangan antara ketersediaan persediaan, kapasitas, dan layanan pelanggan.

10.   Biaya tetap cenderung rendah dan biaya variabel cenderung tinggi

11.   Anggaran biasanya dilakukan sesuai dengan pekerjaan, diramalkan sebelum melakukan pekerjaan, tetapi hanya diketahui setelah pekerjaan selesai.
1.       Pada jangka panjang produk yang terstandarisasi dengan beberapa pilihan    biasanya dihasilkan dari modul yang ada .

2.       Peralatan bantu khusus digunakan di lini perakitan.


3.       Karyawan dilatih seadanya.






4.       Operasi yang berulang mengurangi pelatihan dan perubahan dalam panduan kerja.


5.       Diterapkan teknik pengadaan JIT.




6.       Diterapkan teknik persediaan JIT.








7.       Pergerakan unit diukur dalam satuan jam dan hari.


8.       Barang jadi diproduksi sesuai dengan peramal berkala.




9.       Penjadwalan didasarkan pada pengembangan beragam model dari modul-modul peramalan.







10.   Biaya tetap bergantung pada fleksibilitas fasilitas.



11.   Biaya biasanya diketahui karena pengalaman sebelumnya.

1.       Menghasilkan produk dalam jumlah besar dan keragaman rendah.



2.       Peralatan digunakan memilih fungsi khusus.

3.       Operator memiliki keterampilan yang tidak terlalu luas.



4.       Pesanan kerja dan paduan kerja sedikit karena mereka terstandardisasi.

5.       Persediaan bahan baku relatif rendah dibandingkan nilai produk.

6.       Barang setengah jadi rendah dibandingkan output.





7.       Ditandai dengan pergerakan unit yang cepat.

8.       Barang jadi biasanya sesuai dengan peramalan dan disimpan.



9.       Penjadwalan biasanya sederhana dan menetepkan satu tingkatan laju output tertentu yang memenuhi.




10.   Biaya tetap cenderung tinggi dan biaya variabel rendah.


11.   Karena biaya tetap tinggi, biaya biasanya tergantung pada utilisasi kapasitas.
1.       Menghasilkan produk dalam jumlah besar dan keragaman tinggi.



2.       Pergantian peralatan secara fleksibel.

3.       Operator yang fleksibel untuk dilatih melakukan kustomisasi jika diperlukan.

4.       Pesanan khusus membutuhkan banyak panduan kerja.


5.       Persediaan bahan baku relatif rendah dibandingkan nilai produk.

6.       Barang setengah jadi diturunkan dengan menerapkan JIT, kanban, dan lean production.


7.       Barang bergerak dengan cepat dalam fasilitas.

8.       Barang jadi diproduksi sesuai pesanan.




9.       Penjadwalan canggih dibutuhkan untuk menangani pesanan khusus.






10.   Biaya tetap cenderung tinggi, tetapi biaya variabel rendah.


11.   Biaya tetap tinggi dan biaya variabel yang dinamis menjadikan pembuatan anggaran sebuah tantangan.

Proses-proses terfokus

Dalam mengupayakan efisiensi, kalangan industri terus melangkah menuju spesialisasi. Fokus yang muncul bersama dengan spesialisasi menghasilkan efisiensi. Manajer yang berfokus pada sejumlah aktivitas, produk, dan teknologi yang terbatas akan bekerja lebih baik. Ketika keragaman produk pada sebuah fasilitas meningkat, biaya rutin meningkat lebih cepat. Ketika keragaman produk, pelanggan, dan teknologi meningkat, kompleksitasnya juga ikut meningkat. Sumber daya yang dibutuhkan untuk menangani kompleksitas berkembang dengan tidak sebanding. Spesialisasi, penyederhanaan, konsentrasi dan fokus menghasilkan efisiensi. Hal-hal tersebut juga berkontribusi pada kompetensi yang menghasilkan kesuksesan dalam pasar dan finansial.

ANALISIS DAN DESAIN PROSES

Saat menganalisis dan merancang proses untuk mengubah bahan baku menjadi barang dan jasa, terdapat pertanyaan-pertanyaan berikut:
Apakah prosesnya dirancang untuk mencapai keunggulan bersaing dari segi diferensiasi, respons cepat, atau biaya rendah?
Apakah prosesnya menghilangkan langkah-langkah yang tidak menambah nilai?
Apakah prosesnya memaksimalkan nilai pelanggan sebagaimana dilihat oleh pelanggan?
Apakah prosesnya akan mendatangkan banyak pesanan?
Sejumlah perangkat dapat membantu memahami kompleksitas dari desain proses dan perancangan ulang proses. Perangkat tersebut merupakan cara sederhana untuk memahami apa yang terjadi atau apa yang harus terjadi dalam proses. Kelima perangkat tersebut ialah:

Diagram alir
Perangkat yang pertama adalah diagram alir (flow diagrant) yang merupakan suatu skema atau gambaran dari perpindahan bahan, produk atau orang.

Pemetaan fungsi waktu
Perangkat yang kedua untuk analisis dan desain proses adalah diagram alir, tetapi dengan ditambahkan waktu pada sumbu horizontalnya. Diagram ini kadang disebut sebagai pemetaan fungsi waktu (time-function mapping) atau pemetaan proses (process mapping). Dengan pemetaan fungsi waktu, titik-titik mengindikasikan aktivitas dan panah-panah mengindikasikan arah aliran dengan waktu pada sumbu horizontalnya. Jenis analisis ini memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi dan menghilangkan pemborosan dalam hal langkah tambahan, pengulangan dan keterlambatan yang tidak perlu.

Pemetaan aliran nilai
Satu variasi dari pemetaan fungsi waktu adalah pemetaan aliran nilai (value stream mapping, VSM). Namun, pemetaan aliran nilai mengambil bentuk yang lebih lebar di mana nilai ditambahkan (dan tidak ditambahkan) pada keseluruhan proses produksi, termasuk rantai pasokan. Namun, pemetaan aliran nilai mengembangkan analisis ini kembali ke pemasok. Pemetaan aliran nilai tidak hanya memperhitungkan proses, tetapi juga keputusan manajemen dan sistem informasi yang mendukung proses tersebut.

Diagram proses
Diagram proses (process charts) menggunakan simbol, waktu, dan jarak untuk mendapatkan cara yang objektif dan terstruktur untuk menganalisis dan mencatat berbagai aktivitas yang membentuk sebuah proses. Diagram ini memusatkan perhatian pada aktivitas penambahan nilai.

Perencanaan pelayanan
Produk dengan tingkat pelayanan tinggi mungkin membutuhkan penggunaan teknik pemrosesan kelima. Perencanaan pelayanan (service blueprinting) merupakan teknik analisis proses yang memusatkan perhatian kepada pelanggan dan interaksi penyedia layanan dengan pelanggannya
Kelima perangkat analisis proses ini masing-masing memiliki kekuatan dan keragamannya tersendiri. Diagram alir merupakan cara yang tepat untuk menggambarkan keseluruhan proses dan mencoba untuk memahami sistem secara keseluruhan. Pemetaan fungsi waktu menambahkan ketepatan dan faktor waktu untuk analisis secara makro. Pemetaan aliran nilai melingkup di luar organisasi langsung hingga pelanggan dan pemasok. Diagram proses dirancang untuk menyediakan pandangan proses secara lebih terperinci dengan menambahkan beberapa hal, seperti waktu untuk penambahan nilai ( value-added time), penundaan, jarak, penyimpanan, dan lainnya. Di lain pihak, perencanaan pelayanan dirancang untuk membantu memusatkan perhatian pada bagian interaksi pelanggan dalam proses. Karena interaksi pelanggan sering merupakan variabel penting dalam desain proses sekarang, kita akan telaah beberapa aspek tambahan dari desain proses.

DESAIN PROSES PADA SEKTOR JASA
Karena Interaksi konsumen seringkali merupakan variable penting dalam desain proses terutama pada sektor jasa maka hal ini akan dikaji lebih lanjut dalam sub topik ini. Walaupun interaksi dengan konsumen seringkali memberikan pengaruh buruk pada kinerja proses, tetapi sektor jasa menjadikan interaksi dan cusomization menjadi kebutuhan penting. Mengenali keinginan konsumen yang unik menjadikan manajer opersaional mendisain proses untuk memenuhi persyaratan khusus ini agar proses menjadi efektif dan efisien.

Interaksi Pelanggan dan Desain Proses
Berbagai Teknik untuk Meningkatkan Produktivitas Jasa

Strategi
Teknik
Contoh
Pemisahan
Membuat struktur pelayanan sehingga pelanggan harus pergi ke tempat layanan ditawarkan
Pelanggan bank datang ke manajer untuk membuka tabungan baru, ke petugas kredit untuk meminta pinjaman, dan ke kasir untuk menyetorkan uang.

Swalayan
Swalayan sehingga pelanggan melihat, membandingkan, dan menilai sendiri  

Supermarket dan departement store
Penudaan
Kustomisasi saat pengantaran               

Kustomisasi mobil van saat pengantaran, bukan saat produksi
Fokus
Membatasi hal-hal yang ditawarkan        
Menu yang terbatas pada restoran
Modul
Pilihan jasa yang moduler
Produksi moduler           

Pilihan investasi dan asuransi. Modul paket makanan di restoran
Otomatisasi
Menmindahkan jasa yang dapat diotomatisasi
ATM
Penjadwalan
Penjadwalan karyawan yang tepat
Penjadwalan karyawan penjualan tiket dengan selang waktu 15 menit di maskapi penerbangan
Pelatihan
Menjelaskan pilihan layananMenjelaskan bagaimana menghindari masalah              
Konsultasi investasi, direktur pemakamanPetugas pemeliharaan purnajual

Peluang untuk Meningkatkan Proses Jasa

Tata Letak Deain tata letak merupakan satu kesatuan  dalam banyak proses jasa, terutama  pada toko eceran, restoran, dan perbankan. Pada toko retail, tata letak tidak hanya memamerkan produk, tetapi juga mendidik pelanggan dan meningkatkan nilai produk. Di restoran, tata letak dapat meningkatkan pengalaman makan malam sekaligus membrikan aliran yang efektif antara area bar, dapur, dan tempat makan. Pada bank, tata letak menyajikan keamanan sekaligus aliran kerja dan kenyamanan pribadi. Karena tata letak merupakan satu kesatuan dari banyak jasa, penyajian tata letak yang baik menghasilkan peluang yang kontinu untuk mendatangkan pesanan.

Sumber Daya Mnausia Karena ada begitu banyak jasa yang mencakup interaksi langsung dengan pelanggan, permasalahan sumber daya manusia dari segi perekrutan dan pelatihan merupakan  hal penting dalam proses  jasa. Sebagai tambahan, tenaga kerja yang berkomitmen yang mempunyai fleksibelitas ketika jadwal dibuat dan dilatih-silang untuk mengisi kekosongan ketika suatu proses membutuhkan karyawan bukan penuh waktu, dapat berpengaruh sangat besar terhadap kinerja keseluruhan proses.

PEMILIHAN PERALATAN DAN TEKNOLOGI

Pada akhirnya keputusan strategi proses tertentu membutuhkan keputusan mengenai peralatan dan teknologi yang akan digunakan keputusan tentang hal tersebut menjadi rumit karena terdapat  banyak metode alternative pada semua fungsi operasi. Akan tetapi, yang paling penting dijadikan patokan adalah konsep Fleksibelitas  yaitu kemampuam untuk merespon dengan sedikit pengorbanan waktu, biaya, nilai konsumen. Hal ini dapat diartikan peralatan yang digunakan bersifat moduler dapat dipindahkann dan murah.

TEKNOLOGI PRODUKSI

Perkembangan teknologi diperlukan untuk meningkatkan produktifitas dan dapat diterapkan disemua sektor yang menghasilkan barang maupun jasa. Dalam bahasan ini akan dikenalkan sembilan area teknologi yaitu:
1. Teknologi Mesin
Banyak kegiatan operasional menggunakan mesin untuk pemotongan, pengeboan, penggilingan. Dalam era komputerisasi sekarang ini telah banyak diciptakan cara pengendalian mesin yang baru menggunakan CHIP computer seperti CNC (computer numerical control ) yaitu permesinan yang memiliki computer dan memori sendiri.
2.  Automatic Identification Systems (AISs) dan RFID
Peralatan baru dari CNC hingga ATM (automatic teller machine) dikendalikan dengan sinyal elektronik digital. Pembuatan data secara digital dillakukan melalui komputerisasi diantaranya dengan AISs (Auutomatic Identification System) yang membantu memindahkan data menjadi bentuk elektronik yang mudah untuk dimanipulasi.
Karena biayanya yang rendah dan penggunaannya yang terus meluas, radio frequency identification (RFID) perlu diperhatikan secara khusus. RFID adalah rangkaian terintegrasi dengan antena kecilnya sendiri yang menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan sinyal dalam jarak terbatas-beberapa yard. Kartu RFID ini 9kadang disebut rangkaian RFID) menyediakan identifikasi unik yang memungkinkan pelacakan dan pemonitoran bagian, palet, orang, dan hewan apa pun yang bergerak. RIFD tidak harus dalam jarak pandang  antara pembaca dan kartunya.
3.       Pengendalian proses
Pengendalian proses adalah penggunaan teknologi informasi untuk mengendalikan proses fisik.

Berikut sistem pengendalian proses bekerja dalam beberapa cara, tetapi yang biasanya :
·         Sensor mengumpulkan data
·         Perangkatnya membaca data pada periode tertentu, mungkin sekali setiap menit atau setiap detik
·         Pengukuran diubah menjadi sinyal digital yang dikirimkanpada sebuah komputer digital.
·         Program komputer membaca file 9data digital), kemudian menganalisis data,.
·         Output yang dihasilkan terdapat dalam berbagai bentuk, termasuk pesan pada layar komputer atau printer, sinyal yang memerintahkan motor  untuk mengubah setelan katup, lampu peringatan atau sirene, diagram SPC, atau skema tertentu .
4.       Sistem Visi
Sistem Visi adalah penggunaan kamera video dan teknologi dalam peran pemeriksaan.  Sebagai contoh, sistem visi digunakan untuk memeriksa kentang goreng sehingga cacat dapat dikenali saat kentang berada dalam lini produksi.
5.       Robot
Robot adalah sebuah mesin yang fleksibel, memiliki kemampuan untuk mengganti tenaga manusia bekerja melalui syaraf elektronik yang menjalankan sejumlah motor saklar. Sebagai contoh, Ford menggunakan robot untuk melakukan 98% proses pengelasan pada mobil-mobilnya.
6.       Automated Storage and Retrieval Systems (ASRSs)
Adalah gudang yang dikendalikan computer yang menempatkan komponen secara otomatis dari dab menuju tempat tertentu dalam gudang. Sistem ini biasa digunakan dalam fasilitas distribusi perdagangan eceran, seperti Wal-Mart, Tupperware, dan Benetton. Sistem ini juga digunakan di area persediaan dan pengujian dari perusahaan manufaktur.
7.       Automated Guided Vehicle (AGVs)
Adalah kereta yang dipandu dan dikendalikan secara elektronik yang digunakan untuk memindahkan bahan. AGV juga digunakan di perkantoran untuk mengantar makanan.
8.       Flexible Manufacturing Systems (FMSs)
Adalah sebuah system yang menggunakan sebuah sel kerja otomatis yang dikendalikan oleh sinyal elektronik dari sebuah computer induk.
9.       Computer Integrated Manufacturing (CIM)
Adalah sebuah sistem manufaktur dimana CAD, FMS, pengendalian persediaan, gudang danpengiriman dipadukan. Merupakan perluasan dari Flexible Manufacturing System (FMS). FMS dan CIM mengurangi perbedaan antara produksi dengan volume rendah variasi tinggi dengan produksi dengan volume tinggi variasi rendah. Teknologi informasi menjadikan FMS dan CIM mengatasi meningkatnya variasi yang bersamaan dengan meningkatnya volume.

TEKNOLOGI DI SEKTOR JASA

Perkembangan teknologi yang cepat juga terjadi di sektor jasa, yang mana menyangkut peralatan diagnosa elektronik pada sebuah bengkel mobil, peralatan kesehatan, sampai peralatan yang digunakan di bandara dalam jasa penerbangan. Berikut table yang menyajikan contoh teknologi pada bidang jasa.

REKAYASA ULANG PROSES
Tabel:  Contoh-contoh dampak teknologi pada industri jasa
Industri Jasa
Contoh
Jasa Keuangan 


Pendidikan        


Layanan umum  dan
Pemerintah
 Restoran dan   



Komunikasi
 Hotel   


Perdagangan grosir/ Eceran               

Transportasi      
Pemliharaan


Penerbangan    
Kartu debit, transfer via ATM, transaksi saham via internet

Majalah elektronik, jurnal online, penugasan interaktif melalui Web CT dan Blackboard.


Truk sampah otomatis, scanner bom, surat optikal dan pemindai bom, sistem peringatab bahaya banjir.
Pesanan  dari pramusaji ke dapur secara nirkabel, robot penjagal, transponder pada mobil yang mencatat penjualan pada fasilitas drive-thru

TV interaktif, Penerbitan elektronik
Check-in/ check out secara elektronik, sistem penguncian elektronik
  

Terminal POS, e-commerce, data dengan barcode, komunikasi elektronik antara toko pemasok, data dengan barcode

Loket tol otomatis, system navigasi dipandu satelit
Sistem informasi kesehatan online, system pengawasan pasien secara online

Perjalanan tanpa tiket, penjadwalan, pembelian melalui internet

Rekayasa ulang (process reenginering) adalah proses pemikiran kembali dan mendisain ulang bisnis secara radikal untuk membawa peningkatan kinerja secra dahsyat. Hal ini dilakukan karena kedinamisan yang ada dimana konsumen, teknologi, maupun bauran produk berubah. Rekayasa ulang proses (process reenginering) yang efektif tergantung pada evaluasi ulang tujuan proses dan mendata ulang asumsi yang digunakam, ini dapat berjalan apabila proses dasar dan tujuannya dikaji ulang. Process reenginering juga memusatkan perhatian pada aktifitas yang mempunyai fungsi bersilang. Karena manajer sering bertanggung jawab pada fungsi “khusus” aktifitas yang melintas dari satu fungsi lain dapat diabaikan. Yang penting proses ini memusatkan perhatian pada perbaikan secara dasyat dalam hal biaya, waktu dan nilai konsumen.

ETIKA DAN PROSES PROSES RAMAH LINGKUNGAN

Banyak perusahaan menemukan kesempatan dalam proses produksi yang dapat mengurangi dampak negatif pada lingkungan. Kesempatan tersebut sangat beragam, mulai dari aktivitas yang dipandang oleh masyarakat sebagai suatu yang etis dan merupakan tanggung jawab sosial, hingga tindakan yang diatur secara hukum, seperti pencegahan polusi. Aktivitas-aktivitas ini meliputi pemusatan perhatian pada permasalahan seperti penggunaan sumber daya yang efisien, pemgurangan limbah produk sampingan, pengendalian buangan kendaraan, dan daur ulang.
Manajer operasi tetap cukup peka terhadap lingkungan sekaligus mencapai  strategi diferensiasi, bahkan strategi berbiaya rendah. Berikut adalah empat contohnya.
Perusahaan kosmetika Inggris, Body Shop, telah mendiferensiasi produknya sukses dengan menekankan kepekaan terhadap lingkungan. Body Shop mencari desain, pengembangan, dan strategi pengujian produk yang diyakininyabertanggung jawab secara sosial. Hal ini meliputi bahan yang ramah lingkungan dan tidak melakukan pengujian.
Ben dan Jerry mewujudkan citra perusahaan yang bertanggungjawab secara sosial (dan menghemat $ 250.000 per tahun) dengan hanya menggunakan penerangan hemat energi.
Standard Register, seperti yang telah dijelaskan contoh 1, menghasilkan limbah kertas hampir 20 ton hanya dari lubang kertas perbulannya yang menciptakan permasalahan limbah yang besar. Namun, perusahaan tersebut mengembangkan cara mendaur ulang limbah kertas, sebagaimana juga alumunium dan perak dari proses pembuatan plat yang ditunjukkan dalam diagram alir.
Anheurser-Busch menghemat biaya energi dan penanganan limbah  sebesar $30 juta per tahun menggunakan air limbah pabrik yang telah diproses untuk menghasilkan gas yang digunakan sebagai tenaga dalam proses pembuatan birnya St.Louis.
Berbagai proses dapat menjadi ramah lingkungan dan dibuat bertanggung jawab secara sosial, sekaligus mengkontibusikan strategi yang menguntungkan.

5 komentar:

  1. sangat membantu, terimakasih banyak

    BalasHapus
  2. Terima kasih
    untuk referensi sangat membantu

    BalasHapus
  3. Sangat membantu sekali🥰🙏🙏

    BalasHapus
  4. Terimakasih sangat membantu!!!!!

    BalasHapus
  5. Izin copy dan dipresentasikan kak terima kasih banyak sudah membantu

    BalasHapus