Sabtu, 02 November 2013

PERAMALAN

Apakah Peramaan itu?

Peramalan (forecasting) adalah seni dan ilmu untuk memperkirakan kejadian di masa depan. hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan pengambilan data historys dan memproyeksikannya ke masa mendatang dengan suatu betuk model matematis. Hal ini bisa juga merupakan prediksi intuisi yang bersifat subjektif. Hal ini bisa juga merupakan prediksi intuisi yang bersifat subjektif. Hal ini pun dapat diakukan dengan mengguakan kombinasi model matematis yang disesuaikan dengan pertimbangan yang baik dari seorang manajer.

Meramalkan  Horizon Waktu
Horizon waktu terbagi menjadi beberapa kategori.

1. Peramalan jangka pendek. Peramalan ini meliputi jangka waktu hingga 1 tahun,  tetapi umumnya kurang dari 3 bulan. peramalan ini digunakan untuk merencanakan pembelian, penjadwalan kerja, jumlah tenaga kerja, penugasan kerja, dan tingkat produksi. 
2. Peramalan jangka menengah. Peramalan jangka menengah atau intermediate umunya mencangkup hitungan bulan hingga tiga tahun. Peramalanini bermanfaat untuk merencanakan penjualan, perencanaan dan anggaran, produksi, anggaran kas, serta menganalisis bermacam-macam rencana opearasi.
3. Peramalan jangka panjang. Umumnya perencanaan masa 3 tahun atau lebih. Peramalan jangka panjang digunakan untuk merancanakan produk baru, pembelajaan modal, lokasi atau pengembangan fasilitas, serta penelitian dan pengembangan (litbang). 

Jenis-Jenis Peramalan 

1. Peramalan ekonomi menjelaskan siklus bisnis dengan memprediksikan tingkat inflasi, ketersediaan uang, dana yang dibutuhkan untuk membangn perumahan, dan indikator perencanaan lainnya. 
2. Peramalan telnologi memperhatikan tingkat kemajuan teknologi yang dapat meluncurkan produk baru yang menarik yang membutuhkan pabrik dan peralatan baru. 
3. Peramalan permintaan adalah proyeksi permintaan untuk produk atau layanan suatu perusahaan. Permalan ini disebut juga peramalan penjualan yan mengendalikan produksi, kapasitas, serta sistem, penjadwalan dan menjadi input bagi perencanaan keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia. 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar